Senin, 20 April 2015

 GABOVIRA 


Batik Gabovira merupakan suatu merk batik di kota Bandar lampung. Bagi para wisatawan dari luar kota batik Gabovira adalah salah satu tempat yang harus di kunjungi karena batik Gabovira adalah batik khas lampung yang tidak sama dengan batik batik lain di Indonesia. Pada awalnya nama Gabovira dibuat untuk merk sebuah tas namun usaha dibidang tas kurang berjalan dengan baik, sehingga nama Gabovira digunakan untuk merk batik sebagai alternatif usaha selanjutnya. Sejarah awal dibuatnya nama Gabovira ini diambil dari nama keluarga yaitu GAtot (Bapak Pemilik Batik gabovira), deBOra (Sang Istri Pemilik Batik Gabovira , jelVI dan Raga (Anak Pemilik Batik gabovira). Gerai GABOVIRA itu sendiri terletak di Jl. Basudewo B5 Nomor 5, Beringin Raya, Kemiling, Bandar lampung.




Dan Sejak tahun 2000 usaha Batik Gabovira dimulai tetapi yang dijual hanya sebatas pada batik-batik motif jawa dari daerah Pekalongan dan Yogyakarta. Kemudian, pada tahun 2003 pemilik Batik Gaboviramulai mengenal adanya batik dengan ciri khas Lampung. Sehingga, pemilik Batik Gabovira mempelajari lebih dalam tentang Budaya Lampung dengan membaca buku, berkunjung ke Museum Lampung dan berkonsultasi kepada teman-teman yang pakar tentang adat dan budaya masyarakat Lampung.

melalui proses demi proses Pak Gatot pemilik Batik GABOVIRA ini mulai mencoba membuat design batik dengan corak ragam khas Lampung mulai dari design batik cap, printing maupun Tulis.dengan beberapa ornamen-ornamen kain tapis dan beberapa lambang atau ciri kas daerah Lampung seperti Siger, Menara Siger, Gajah, kapal, pucuk rebung, gajah, balo-balo dan masih banyak lainnya. Pengrajin batik disini diambil dari ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar  pabrik Gabovira.

Karna jiwa social nya Bapak Gatot juga menarik anak-anak berkebutuhan khusus untuk ikut serta mengembangkan kreatifitas dalam membuat kerajinan Batik Khas Lampung dan membuktikan anak anak berkebutuhan khusus bisa/mampu bersaing tidak kalah dengan anak anak yg normal.


batik GABOVIRA juga sudah memasarkan produksi batiknya hampir keseluruh wilayah Kabupaten dan Kota yang ada di Propinsi Lampung, baik untuk keperluan seragam kantor pemda maupun kantor swasta lainnya.
Berkembangnya usaha kami tidak terlepas dari mutu dan kwalitas produksi batik Gabovira, karena batik Gabovira selain menjual hasil produksi juga membantu konsumen untuk membuat design khusus (Pesanan Khusus).
Produksi Batik Gabovira dilakukan secara tradisional, yaitu merupakan proses pembuatan batik secara manual dengan proses batik cap, batik printing dan batik tulis.
Dengan adanya persaingan di pasar bebas, pada awal tahun 2005 Batik Gabovira telah melakukan terobosan baru dengan mulai produksi batik secara modern yaitu menggunakan mesin pabrik.
Untuk proses produksi batik menggunakan mesin pabrik bisa dikerjakan dengan minimal produksi  3.000 meter.
http://theme.webme.com/designs/colourful/images_blau/line.gif




 Image result for gabovira

Disana, para finalis diperkenalkan dengan berbagai motif batik khas Lampung, sejarah batik Lampung, serta diajarkan cara membatik. Kami sangat antusias dalam belajar membatik. Menurut kami, membatik merupakan kegiatan yang terlihat mudah, namun sulit ketika dicoba. Selain harus terampil, membatik juga membutuhkan kesabaran yang ekstra, sebab proses membatik satu jenis kain bisa sangat lama.karna sangat lama dan sulit lah mengapa harga batik tulis sedikit mahal.setelah puas berbincang bincang dengan pak gatot. dan selesai belajar membatik kami pun melanjutkan city tour kami dan mengucapkan trimakasih kepada pak gatot yang telah menerima kami dan menginspirasi kami terimakasih pak gatot sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar